15 Negara yang Dapat Predikat Alam Paling Cantik Di Dunia, dari Brasil hingga Indonesia

15 Negara yang Dapat Predikat Alam Paling Cantik Di Dunia, dari Brasil hingga Indonesia

15 Negara yang Dapat Predikat Alam Paling Cantik Di Dunia, dari Brasil hingga Indonesia

SABUNG AYAM

Setiap negara di dunia ini dikaruniai keindahan alam yang membuatnya unik dan berbeda.

Sehingga, rasanya sulit untuk menentukan negara manakah yang memiliki alam paling indah.

Namun, peringkat negara dengan alam paling indah di dunia telah dibuat oleh World Economic Forum.

World Economic Forum mengeluarkan Travel & Tourism Competitiveness Report 2017 dan menetapkan ranking bagi 136 negara berdasarkan sumber alam yang dimiliki.

Dalam laporan tersebut, sebuah negara dianggap memiliki alam paling indah menurut beberapa faktor.

Seperti jumlah situs alam Warisan Dunia yang dimiliki, jumlah spesies hayati yang dikenal dan area konservasi, permintaan wisata alam secara digital, serta daya tarik aset alam di suatu negara.

Berikut adalah 15 negara yang memiliki peringkat keindahan alam tertinggi menurut 2017 Travel & Tourism Competitiveness Report, sebagaimana dikutip TribunTravel.com dari laman Travel and Leisure.

1. Brasil

Air Terjun Iguazu di Brazil (SF Brit/Flickr via peruforless.com)

Brasil memiliki sumber alam terbanyak sekaligus paling beragam di dunia.

Dari The Atlantic Forest South – East Reserves, total ada 25 area yang dilindungi, hingga Amazon Basin.

2. Meksiko

Meksiko juga memiliki keindahan alam yang beragam.

Antara reruntuhan Tulum, jaringan hutan hujan tropis Sian Ka’an, rawa dan hutan bakau, serta Kepulauan Revillagigedo.

Meksiko juga memiliki kekayaan margasatwa, seperti yang dilindungi di Suaka Paus El Vizcaino dan Cagar Biosfer Kupu-Kupu Monarch.

3. Kosta Rika

Kosta Rika berada di urutan ketiga dalam daftar ini secara keseluruhan.

Namun, Kosta Rika menempati urutan kedua dalam kategori permintaan wisata alami digital dan daya tarik aset alam.

Taman Nasional Pulau Cocos menjadi satu-satunya pulau di Pasifik timur dengan hutan hujan yang kaya, dan Taman Nasional Tortuguero dikenal dengan penyu lautnya.

4. Peru

Berada di urutan keempat adalah Peru, yang menjadi rumah bagi reruntuhan Inca yang luar biasa, Machu Picchu.

Namun, itu bukan hanya tempat sakral yang membual negara di Amerika Selatan ini terkenal.

Peru juga mmeiliki Gunung Huascarán yang berada di pegunungan tropis tertinggi di dunia, dan Taman Nasional Rio Abiseo, yang merupakan rumah bagi 36 situs arkeologi lainnya.

5. China

China memiliki begitu banyak aset alam.

Beberapa aset alam yang disoroti mencakup Tiga Sungai Paralel di Yunnan, dan lembah Huanglong, dengan mata air panas yang memiliki hutan dan pegunungan di latar belakangnya.

Belum lagi Suaka Panda Raksasa Sichuan, yang merupakan rumah bagi sekitar sepertiga dari total populasi panda yang terancam punah di dunia.

6. Australia

Agnes Water, pantai tersembunyi yang terletak di Queensland, Australia (Instagram/longroadhome_12)

Meski Australia menduduki peringkat ke enam secara keseluruhan, tetapi di kategori Situs Alami Warisan Dunia saja, Australia berada di peringkat pertama.

Dari Great Barrier Reef yang terkenal di dunia di pantai timur hingga Pantai Ningaloo di pantai barat, dan dari Taman Nasional Kakadu (yang terkenal dengan “Crocodile Dundee”-nya) di utara hingga alam liar Tasmania di selatan, Australia memiliki situs luar biasa di setiap sudut kawasannya.

7. Thailand

Dari pulau-pulau menakjubkan di pantai timur di Teluk Thailand hingga formasi batu karang yang indah di Krabi, Thailand seolah tidak pernah kehabisan wisata pantai.

Sementara itu, di luar wilayah pesisir juga ada banyak hal yang bisa dinikmati, termasuk Suaka Margasatwa Thungyai-Huai Kha Khaeng yang menjadi rumah bagi gajah dan harimau.

8. Tanzania

Tanzania adalah rumah bagi Gunung Kilimanjaro, puncak gunung tertinggi di Afrika, serta Gurun Serengeti.

Di Serengeti hiduplah wildebeest, rusa dan zebra, UNESCO menyebut migrasi hewan-hewan itu menuju sumber air sambil diikuti oleh predator merupakan salah satu peristiwa alam paling mengesankan di dunia.

9. Spanyol

Camino de Santiago merupakan destinasi wajib kunjung di Spanyol.

Dengan jalur yang melintasi seluruh negeri menuju tujuan akhir di Spanyol barat laut, Camino de Santiago meliputi beberapa kawasan yang sangat indah.

Taman Nasional Doñana merupakan rumah bagi lima spesies burung yang terancam punah dan Taman Nasional Garajonay di Kepulauan Canary memiliki hutan laurel besar.

10. Amerika Serikat

Gurun Arizona, Amerika Serikat (Pixabay)

Dari Hutan Redwood ke perairan Gulf Stream, Amerika Serikat memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Dengan 58 taman nasional termasuk Grand Canyon, Papahānaumokuākea (barat laut dari Kepulauan Hawaii) dan Taman Nasional Glacier, rasanya kamu tak akan bosan menjelajahi alam Amerika Serikat.

11. Ekuador

Dengan dua gunung berapi aktif, hutan hujan tropis, dan gletser, Taman Nasional Sangay yang luas memiliki begitu banyak daya tarik.

Serta menjadi rumah bagi sejumlah spesies yang terancam punah, termasuk tapir gunung.

Ditambah Kepulauan Galapagos, pulau-pulau vulkanik yang dihuni berbagai mamalia endemik dan reptil, dan juga banyak biota laut.

12. Italia

Italia memang terkenal dengan kekayaan sejarah dan budayanya.

Namun, negara ini juga memiliki sumber daya alam yang layak dikunjungi.

Monte San Giorgio dianggap memiliki fosil laut terbaik dari Zaman Triassic, dan UNESCO menggambarkan Dolomit sebagai pemandangan gunung yang paling indah di setiap bagiannya, dengan dinding vertikal, tebing terjal dan banyaknya lembah sempit, dalam, dan panjang.

13. Prancis

Prancis merosot lima peringkat dari laporan terakhir.

Namun, kebun-kebun anggur di Bordeau hingga pantai-pantai di French Riviera, menjadi daya tarik wisata alam Prancis yang kuat.

Selain itu, ada Taman Nasional La Réunion di Pulau Réunion, yang berada di timur Madagaskar, memiliki kombinasi hutan hujan dan hutan yang menakjubkan, serta laguna Kaledonia Baru memiliki koleksi kehidupan laut dan terumbu karang yang mengesankan. .

14. Indonesia

Pulau Komodo (theculturetrip.com)

Taman Nasional Komodo yang terletak di pulau-pulau vulkanik, di mana 5.700 ekor komodo hidup menjadi satu spot yang membuat Indonesia menonjol.

Tentu saja, Indonesia adalah serangkaian pulau, sehingga memiliki lebih banyak daya tarik wisata lain, dari pantai di Bali hingga hutan hujan di Sulawesi.

15. Kenya

Di bagian barat daya Kenya, ada Sistem Danau Kenya di Great Rift Valley adalah rumah bagi jerapah, kudu, cheetah, singa, dan badak hitam.

Di sebelah timur laut ibukota, Nairobi, adalah Gunung Kenya, gunung tertinggi kedua di Afrika, dan di utara, ada Danau Turkana, tempat buaya Sungai Nil dan kuda nil berkembang biak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*