5 Destinasi Wisata Menakjubkan di Papua Selain Raja Ampat yang Wajib Dikunjungi

5 Destinasi Wisata Menakjubkan di Papua Selain Raja Ampat yang Wajib Dikunjungi

5 Destinasi Wisata Menakjubkan di Papua Selain Raja Ampat yang Wajib Dikunjungi

SABUNG AYAM

Puluhan pekerja proyek Trans Papua dibunuh kelompok tak dikenal pada Minggu, 2 Desember 2018. Pembunuhan tersebut terjadi di Kali Igi dan Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

“31 Orang meninggal dunia,” kata Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua AKBP Suryadi Diaz kepada JawaPos.com, Senin, 3 November 2018.

Diaz menambahkan 31 pekerja tewas pada waktu berbeda. Sebanyak 24 orang dibunuh pada 1 Desember 2018, sementara tujuh orang lainnya dibunuh di hari berikutnya.

Jauh sebelum tragedi berdarah itu, Papua dikenal menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Sederet destinasi wisata menyuguhkan panorama indah yang siap memanjakan mata para pengunjung.

Tak hanya Raja Ampat yang kini telah mendunia, masih ada lagi wisata alam lainnya di Papua yang wajib Anda kunjungi. Simak rangkungan selengkapnya berikut ini.

1. Lembah Baliem

Lembah Baliem terletak di Pegunungan Jayawijaya yang menyuguhkan pemandangan indah di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan lain yang juga dilingkupi kebudayaan Suku Dani. Menariknya, lembah hadir dengan hampara rumput dan ilalang warna hijau.

Seperti ditulis, Kabarpapua.co, Lembah Baliem juga dikelilingi hamparan ilalang warna ungu di Kampung Parema Distrik Wesaput dan di Kampung Aikima Distrik Hubikosi. Hamparan cantik warna ungu ini juga ada di Distrik Napua dan Distrik Walesi.

Keajaiban alam tersebut terjadi satu kali dalam setahun, tepatnya pada Mei. Warga setempat biasa menyebut tanaman sejenis rumput di sana dengan nama Lagalaga Eka atau Owasi-Wasika yang membuat keajaiban warna ungu.

2. Air Terjun Wafsarak

Air terjun Wafsarak berada di Jalan Wari Moos Warsa, Biak. Wisata alam ini menyajikan air terjun berwarna hijau dan para pengunjung dapat berenang juga melompat dari puncak air terjun. Menurut ulasan di TripAdvisor, dibutuhkan sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk menuju ke air terjun ini dari Kota Biak.

 

3. Danau Sentani

Danau Sentani di Kabupaten Jayapura. (Liputan6.com / Tarsi Acex)

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Panorama di objek wisata ini menghadirkan bukit-bukit hijau dengan danau yang air danau yang tenang. Setiap tahunnnya, ada pula Festival Danau Sentani dengan berbagai kemeriahan, mulai dari tarian adat, upacara adat, hingga kuliber setempat.

4. Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu terletak di Kampung Wisata Tablanusu Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Lautnya yang biru yang dikelilingi pepohonan hijau jadi suguhan yang siap memanjakan mata pengunjung. Pantai Tablanusu bisa jadi salah satu tujuan wisata Anda jika berkunjung ke Papua.

5. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalam taman nasional yang terbesar di Asia Tenggara. Masuk dalam situs warisan dunia UNESCO, Taman Nasional Lorentz membentang dari puncang gunung hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakau serta batas tepi Laut Arafuru menghadirkan panorama super indah dan menakjubkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*