8 Kabar Kampus: Jurusan Kuliah dengan Gaji Besar hingga Mahasiswa Rentan Alami Gangguan Mental

8 Kabar Kampus: Jurusan Kuliah dengan Gaji Besar hingga Mahasiswa Rentan Alami Gangguan Mental

8 Kabar Kampus: Jurusan Kuliah dengan Gaji Besar hingga Mahasiswa Rentan Alami Gangguan Mental

SABUNG AYAM – Pilihan jurusan kuliah akan berpengaruh pada kehidupan di masa depan. Tidak ada salahnya untuk menyesuaikan jurusan kuliah dengan kebutuhan di lapangan pekerjaan nanti. Selain itu, akreditasi dan kualitas kampus juga berpengaruh. Di minggu ini, Kabar Kampus memberikan rekomendasi jurusan kuliah dengan gaji besar dan kampus yang lulusannya paling banyak dicari.

Wajib Tahu, Ini 7 Jurusan Kuliah dengan Gaji Besar

Uang pecahan 50 ribu rupiah lama (Foto: Sigid Kurniawan/antara foto)

Bukan hanya anak ilmu eksakta saja yang memiliki profesi menjanjikan dengan gaji tinggi. Untuk kamu yang kuliah di rumpun sosial-humaniora, tidak usah khawatir karena profesi yang hits dan dibutuhkan saat ini akan menawarkan gaji besar. Misalnya jurusan Biologi Molekular dari rumpun eksakta yang memiliki pendapatan rata-rata per tahun sekitar 1,52 miliar, atau jurusan keuangan untuk rumpun soshum dengan pendapatan rata-rata per tahun sekitar Rp1.45 miliar. Untuk tahu penjelasan lebih lanjut dan jurusan lainnya.

Ingin Jadi Psikolog? Ini 5 Kampus Terbaik di Asia untuk Jurusan Psikologi

Psikologi (Foto: pixabay.com)

Salah satu bidang ilmu yang menarik untuk dipelajari yaitu psikologi. Ilmu yang mempelajari tentang manusia ini cukup populer, bukan hanya di Indonesia. Menurut QS World University Ranking, beberapa universitas di Asia ini menawarkan jurusan psikologi dan disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk mempelajari psikologi. Di antaranya The University of Hong Kong, The Chinese University of Hong Kong, Nanyang Technological University, National University of Singapore, dan Peking University.

10 Kampus di Asia Ini Lulusannya Paling Dicari Perusahaan

Ilustrasi kampus (Foto: Pixabay)

Selain jurusan kuliah, universitas tempat menimba ilmu juga berperan besar. Tidak heran, beberapa universitas ternama mencetak lulusan yang sangat dicari oleh perusahaan. Menurut daftar yang disadur dari QS Graduate Employability Rankings, ada 10 universitas di Asia yang lulusannya paling dicari. Di peringkat pertama ada Tsinghua University di Cina. Selain di Asia, kampus ini menempati posisi sembilan dunia yang lulusannya paling banyak dicari.

Tidak Kalah dari Universitas Negeri, 4 Kampus Swasta dengan Jurusan Kedokteran Gigi Akreditasi A

Ilustrasi dokter gigi (Foto: Thinkstock)

Kampus swasta memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus dibanding universitas negeri. Termasuk untuk kamu yang bercita-cita menjadi dokter gigi. Di Indonesia, beberapa universitas swasta memiliki akreditasi A untuk jurusan Kedokteran Gigi, yaitu Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Hang Tuah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Trisakti.

Hasil Penelitian Sebut 1 dari 4 Mahasiswa di Kampus Alami Gangguan Mental

Ilustrasi mahasiswa (Foto: Pixabay)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cindy H. Liu di 108 kampus di Amerika Serikat menemukan bahwa banyak mahasiswa yang mengalami gangguan kesehatan mental, bahkan mencapai taraf depresi. Dari survei yang melibatkan 67.308 respondek, sekitar 25% mengalami gangguan kesehatan mental. Adapun masalah yang diteliti mencakup keuangan, hubungan dengan keluarga, mengatur jam tidur, rasa kurang percaya diri, dan kesehatan.

Hati-hati dengan Media Sosial karena Petugas Administrasi Kampus Akan Memeriksanya

Ilustrasi Media Sosial (Foto: Dok. Pixabay)

Bertambah alasan kenapa kita perlu berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terlebih bagi calon mahasiswa baru. Seperti di Amerika, media sosial calon mahasiswa akan diperiksa petugas administrasi kampus untuk memastikan calon mahasiswa tidak melakukan hal negative. Saat ini, 25% petugas administrasi beberapa universitas ternama dunia akan mengecek akun media sosial. Di Harvard misalnya. Tahun 2017 lalu, 10 mahasiswa batal diterima karena memajang meme ofensif di grup Facebook.

Sudah Dibuka, Kenali Syarat dan Tahapan Beasiswa PMLD Kemenag

Ilustrasi beasiswa. kompas.com

Program beasiswa unggulan Kementrian Agama, Program Magister Lanjut Doktor (PMLD), sudah kembali dibuka, tepatnya mulai 3 Desember – 15 Desember 2018. Program PMLD ini menyasar program pendidikan jenjang magister (S2) yang dilanjutkan ke jenjang Doktoral (S3) dalam kurun 4,5 tahun. Bukan hanya biaya pendidikan, beasiswa ini juga akan memberikan biaya hidup. Beasiswa ini terbuka untuk kamu yang lulus dari PTKI (Perguruan Tinggi Agama Islan) dan maksimal berusia 25 tahun.

Kuliah Rasa Traveling? Yuk Daftar Beasiswa di Kampus Terindah Dunia Ini

Via capital21.cdmx.gob.mx

Ilmu tidak hanya bisa didapat lewat belajar di dalam kelas saja. Pengalaman yang diambil dari kegiatan di luar kampus juga penting. Misalnya dengan kuliah ke kampus ternama dunia yang menawarkan experience berbeda dalam belajar. Sekaligus, bisa menyalurkan hobi travelingmu. Untuk meringankan beban kuliah, kamu bisa mendaftar beasiswa untuk kuliah di kampus ternama ini, seperti Oxford University, tempat kuliahnya Maudy Ayunda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*