Gattuso: Menghadapi Betis, AC Milan Harus Lebih Solid

Gattuso: Menghadapi Betis, AC Milan Harus Lebih Solid

Gattuso: Menghadapi Betis, AC Milan Harus Lebih Solid

SABUNG AYAM

Laga melawan Real Betis di matchday keempat Grup F Liga Europa 2018/19, Jumat (9/11/2018) dini hari WIB, begitu krusial buat AC Milan. Kemenangan akan memperbesar kans Milan lolos ke babak selanjutnya. Untuk mewujudkan itu, Gennaro Gattuso meminta Milan bermain solid.

Milan sebetulnya tengah berada di tren apik lantaran merangkum tiga kemenangan beruntun. Namun, semua kemenangan itu didapatkan dengan permainan yang tak impresif. Bahkan, dua dari kemenangan didapatkan lewat gol di waktu injury time oleh Alessio Romagnoli.

Gattuso mafhum bahwa Rossoneri tidak apik-apik amat soal penerapan taktik dalam permainan. Namun, sosok berusia 40 tahun itu menyebut bahwa Milan punya karakter dan mental yang kuat ketika bermain. Hal itulah yang diharapkan Gattuso kembali tertuang di laga melawan Betis, apalagi di pertemuan pertama mereka keok 1-2.

Kondisi Milan kian pincang karena badai cedera mulai menerpa, beberapa nama seperti Gonzalo Higuain, Lucas Biglia, dan Mattia Caldara, dipastikan menepi. Namun, Gattuso menilai Milan punya skuat cukup dalam sehingga tak masalah menurunkan susunana yang berbeda.

“Kami mencoba melakukan hal baru dan semoga membuat kami lebih solid. Tidak ada alasan, kami akan menurunkan susunan pemain terkuat dan harus menghadapi Betis dengan keberanian. Kami menghormati mereka, tapi kami pun harus memainkan gaya sepak bola kami,” kata Gattuso dilansir Football Italia.

“Mungkin, kami memang tidak melakukan dengan baik di segi teknis, tapi kami telah meningkat dalam hal karakter. Terima kasih kepada para pemain muda yang memastikan mereka siap ketika dipanggil, kita melihat secercah cahaya,” tuturnya menambahkan.

“Sayangnya, kita tak bisa melihat aksi Caldara dan Bigilia cukup lama. Namun, Davide Calabria memberi kami harapan, dia bisa berlari dan melakukan latihan di gym dengan baik, jadi saya berharap dia bisa kembali (saat melawan Juventus).”

“Higuain tidak berada dalam kondisi terbaiknya, tapi dia sedang memulihkan diri. Sementara itu, Jack Bonaventura tidak akan bermain sampai laga melawan Juventus. Dia mengalami masalah di lututnya dan akan menepi untuk beberapa bulan,” jelasnya.

Gennaro Gattuso di laga AC Milan melawan Inter Milan pada ajang Serie A 2018/19 pekan kesembilan. (Foto:REUTERS/Alberto Lingria)

Kehilangan Higuain jelas masalah buat Milan karena pemain asal Argentina itu telah merangkum tujuh gol di lintas kompetisi. Namun, masih ada sosok Patrick Cutrone yang cukup moncer di Liga Europa dengan koleksi tiga golnya.

Dengan ketiadaan beberapa penggawa kunci, Gattuso memiliki sejumlah opsi menyoal formasi seperti 4-4-2 yang diterapkan dalam tiga laga terakhir, atau pakem 4-3-3, hingga 3-4-2-1 yang baru digunakan sekali musim ini. Namun, Gattuso menolak menjelaskan lebih detail terkait persoalan ini, fokusnya adalah membuat penampilan Milan lebih baik.

“Saya tidak mau membicarakan soal taktik, karena saat ini masalahnya bukan soal angka atau sistem. Kami harus mengirim sinyal bahwa kami adalah tim solid. Mungkin kami tidak akan bermain bagus, tapi saya ingin melihat soliditas dan pengorganisasian.”

“Kami melakukan pendekatan yang salah pada pertemuan pertama dengan Betis, ada banyak hal yang dipertaruhkan dari hasil akhirnya. Kami tidak meremehkan Betis dua minggu lalu, kami berharap nanti bisa menghadirkan performa yang berbeda,” pungkas Gattuso.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*