Ini Faktanya Mitos Minum Kopi Sebelum Tidur Bikin Susah Tidur

Pantai4d

Ini Faktanya Mitos Minum Kopi Sebelum Tidur Bikin Susah Tidur

Ini Faktanya Mitos Minum Kopi Sebelum Tidur Bikin Susah Tidur

Ini Faktanya Mitos Minum Kopi Sebelum Tidur Bikin Susah Tidur

Beberapa orang barangkali ragu minumkopi sebelum tidur. Ada kekhawatiran kopi dapat memprovokasi kualitas tidur. Namun menurut keterangan dari studi teranyar yang dilaksanakan peneliti Amerika Serikat mengejar bahwa minum kopi sesaat sebelum istirahat ternyata tidak memprovokasi kualitas tidur.

Peneliti asal Universitas Florida Atlantik dan Sekolah Kedokteran Harvard menganalisis 785 orang sekitar 5.164 hari dalam lamanIndependent. Penelitian tersebut diketahui mengawasi pola konsumsi kopi, alkohol, dan nikotin semua pesertanya. Di samping itu, semua peserta juga diharuskan mengisi kitab harian istirahat dan memakai sensor pergelangan tangan yang menulis durasi dan efisiensi tidur, serta seberapa cepat mereka bangun sesudah tidur. Lalu, peneliti mencocokkan kedua data tersebut.

Hasil komparasi tersebut mengindikasikan bahwa nikotin dan alkohol ternyata memengaruhi kualitas istirahat seseorang, terutama orang dengan insomnia (kesulitan guna tidur). Nikotin ialah zat yang sangat kuat mengakibatkan gangguan istirahat pada peserta riset dengan insomnia. Data mengindikasikan bahwa pemakaian nikotin masing-masing malam akan meminimalisir rata-rata sejumlah 42,47 menit durasi istirahat seseorang dengan insomnia. Sedangkan kafein tampak tidak memprovokasi kualitas istirahat seseorang.

Meski demikian, peneliti dari Universitas Florida Atlantik dokter Christine Spadola dalam jurnal Sleep menuliskan bahwa sampai saat ini riset yang menginvestigasi secara lengkap hubungan antara pemakaian suatu zat ketika malam dan parameter istirahat relatif masih sedikit. “Penelitian ini adalahsalah satu pengecekan longitudinal terbesar dari asosiasi pemakaian alkohol, kafein, dan nikotin pada malam hari dengan hasil istirahat yang diukur secara objektif,” ucap dokter Spadola.

Temuan ini pun didukung oleh pakar tidur, dokter Neil Stanley yang mengklaim bahwa minumkopi sebelum istirahat akan menciptakan Anda tetap terjaga di malam hari ialah mitos belaka. Namun, situasi ini juga dibalikkan kepada kapasitas diri masing-masing.

“Beberapa orang paling sensitif terhadap efek kafein dan untuk orang-orang ini, urgen untuk menghindari mengonsumsi minuman yang berisi kafein terlampau dekat dengan waktu istirahat – namun tidak terdapat aturan tetap mengenai ini, melulu harus dicocokkan dengan diri masing-masing,” urai dokter Stanley. “Bagi beberapa orang efek yang diakibatkan oleh kafein jauh lebih rendah dan [itu] barangkali tidak mempunyai efek sama sekali.”

Sementara itu, pada studi yang berbeda mula tahun ini, kopi dikatakan dapat membuat seseorang panjang umur. Hasil itu dipublikasi dalam European Journal of Epidemiologyyang mengindikasikan bahwa minum sedikitnya dua cawan kopi sehari malah dapat menambah harapan hidup sampai dua tahun.