Sangat Sepele Sih, Tapi 5 Sikap Kamu ini Lagi Dibutuhkan Indonesia

Sangat Sepele Sih, Tapi 5 Sikap Kamu ini Lagi Dibutuhkan Indonesia
Sangat Sepele Sih, Tapi 5 Sikap Kamu ini Lagi Dibutuhkan Indonesia

Sangat Sepele Sih, Tapi 5 Sikap Kamu ini Lagi Dibutuhkan Indonesia

Sangat Sepele Sih, Tapi 5 Sikap Kamu ini Lagi Dibutuhkan Indonesia

 

Sabung Ayam Online – Kalimat yang diungkapkan Bung Karno tersebut bukan tanpa makna. Kalimat tersebut membuktikan bahwa keberadaan para pemuda itu penting untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dan pemuda yang Indonesia butuhkan adalah mereka yang berkarakter. Lantas, karakter seperti apa yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

1. Tidak mudah percaya dan menyebarkan berita hoax

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial ikut andil dalam penyebaran berita hoax. Sayangnya perilaku masyarakat sekarang mudah sekali menerima berita tanpa disaring dan menyebarkannya tanpa mencari tahu bagaimana kebenarannya.

Seharusnya sebagai warga negara yang baik apabila mendapatkan berita yang belum jelas, jangan langsung membagikannya kepada orang lain. Tetapi harus ditelusuri terlebih dahulu. Gunakan media sosial dengan cerdas, ya.

2. Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, kreatif dan inovatif

Pemuda Indonesia harus sadar bahwa masa depan bangsa Indonesia ada di tangan mereka. Untuk itu, memiliki jiwa kepemimpinan dan sikap kreatif serta inovatif merupakan hal mutlak yang harus ada dalam diri mereka.

Merekalah yang akan membawa perubahan besar bangsa Indonesia, ke arah yang lebih baik melalui ide-ide segar.

3. Belajar dengan baik dan berprestasi dalam bidang yang digeluti

Kita tidak bisa selalu unggul dalam segala hal. Dan tidak semua hal pula kita memiliki minat dan kesukaan di dalamnya. Pilihlah bidang yang kita senangi dan kuasai seperti seni, olahraga, menyanyi, dan lainnya.

Lalu asah kemampuanmu, dan jangan mudah menyerah untuk mencetak prestasi di bidang yang kamu tekuni.

4. Berpikir kritis

Sudah bukan masanya untuk kita selalu ikut-ikutan dengan keputusan orang lain. Sebagai pemuda harapan bangsa, kita harus mempunyai sikap sendiri. Cobalah berpikir kritis untuk menemukan solusi-solusi dari permasalahan yang ada

Kita bisa memulainya dari lingkungan sekitar, seperti di rumah, lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Yaitu dengan ikut andil dalam diskusi-diskusi yang diadakan. Berkat berpikir kritis, kita akan tahu lebih dalam tentang permasalahan yang dihadapi, dan diharapkan bisa ikut menghasilkan solusi-solusi yang tepat.

5. Peduli dengan lingkungan sekitar

Sudah berapa banyak warga negara Indonesia yang mulai antipati dengan lingkungan sekitar dan lebih senang sibuk dengan dirinya sendiri? Bagaimana kita bisa maju jika kita tidak saling bersatu padu? Coba hilangkan kebiasaan buruk tersebut dan mulailah membaur dengan masyarakat.

Kita bisa bergabung menjadi anggota Remaja Masjid, Karang Taruna atau bisa juga ikut kerja bakti bersih-bersih kampung. Terlihat sepele, namun dengan tindakan itu kita sebagai pemuda sudah ikut berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia, lho.

Sebenarnya hal-hal di atas cukup mudah dilakukan, tinggal kita mantapkan niat. Ingat, masa depan bangsa Indonesia ada dalam genggaman kita, para pemuda. Selamat Hari Merdeka, Indonesiaku!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*