Tidak Dianjurkan Ini Alasan Olahraga di Malam Hari

Pantai4d

Tidak Dianjurkan Ini Alasan Olahraga di Malam Hari

Tidak Dianjurkan Ini Alasan Olahraga di Malam Hari

Tidak Dianjurkan Ini Alasan Olahraga di Malam Hari

Ahli fisiologi olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Jajat Darajat Kusumah Negara S.Pd M.Kes AIFO, tidak menganjurkan mengerjakan olahraga di malam hari. Alasannya sebab dinilai dapat membebani kerja jantung.

Jajat, yang mengerjakan penelitian gelar doktor tentang akibat futsal untuk fungsi kognitif, menuliskan waktu olahraga yang sangat dianjurkan ialah pagi atau senja hari. Dia menuliskan olahraga di malam hari sesudah beraktivitas seharian memberi beban pada kerja jantung sebab tidak mempunyai waktu tidur yang cukup.

“Biarkanlah jantung beristirahat, iramanya rendah, usahakan dikurangi olahraga malam hari,” kata Jajat.

Mengistirahatkan irama jantung di malam hari pun memberikan masa-masa pemulihan untuk tubuh setelah kegiatan sehari penuh. Mantan atlet sofbol nasional tersebut menyarankan olahraga pagi hari sampai pukul 09.00 atau 10.00. Kendati demikian, dia tidak memungkiri situasi di ibukota Jakarta, terlebih untuk masyarakat pekerja yang sibuk tidak mempunyai waktu guna berolahraga kecuali malam hari.

Disertasi promosi doktor yang dilaksanakan Jajat pun mengungkapkan bahwa olahraga futsal yang dilaksanakan oleh remaja sekitar 60 menit dan lima kali dalam seminggu dapat meningkatkan hormon kortisol yang sehubungan dengan stres serta kadar MDA yang menyusun radikal bebas dalam tubuh.

Dia menuliskan berolahraga berintensitas tinggi secara terus menerus dapat membentuk radikal bebas andai tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang berisi vitamin C, vitamin E, likopen, dan flavonoid. Oleh sebab itu, Jajat sangat menyarankan orang yang gemar berolahraga secara terus menerus guna memenuhi keperluan nutrisinya, khususnya dengan santap sayur dan buah yang berisi antioksidan tinggi.

Olahraga yang baik mesti dibuka dengan kegiatan dan intensitas yang ringan, lantas berlanjut ke olahraga yang lebih lama dan intensitas yang lebih berat seiring meningkatnya keterampilan tubuh.